Thursday, February 27, 2014

Bahan Bakar Bus Transjakarta Akan Pakai Minyak Jelantah

Bahan Bakar Bus Transjakarta Akan Pakai Minyak Jelantah | kabar-seputar-indonesia.blogspot.com

kabar-seputar-indonesia.blogspot.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, nampaknya masih sentimen dengan ulah anak buahnya yang mendatangkan bus Transjakarta dan bus tingkat city tour buatan China.

Karenanya, dalam kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan kantor perdagangan Inggris dalam memproduksi limbah minyak goreng (jelantah) menjadi bahan bakar, Ahok berencana untuk menggunakanya pada bus-bus China itu.

"Siapa tahu mesin China kena minyak goreng lebih tahan lama. Soalnya kalau pakai diesel bingung dia mesinnya," kata Ahok sambil tertawa di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Sebagai tahap percobaan penggunaan bahan bakar minyak jelantah itu akan dilakukan pada mesin operasional di PT Impian Jaya Ancol.

"Jadi kami kerjasama dengan Inggris, kami akan produksi jelantah minyak goreng. Kita kan ada Ancol nih itu ada kendaraan operasional. Mobil diesel itu diisi jelantah minyak," terangnya.

Jika rencana itu berhasil, maka Ahok akan memsok minyak jelantah sebanyak 1.000 liter per hari. Dan kemudian akan diterapkan juga pada seluruh moda transportasi di Jakarta.

"Kalau misalnya itu bisa berhasil. Kita bisa pakai operasi bus Transjakarta pakai itu. Kamis sudah bilang coba 1.000 liter dulu tes per hari coba," katanya.

Untuk masalah teknis penggunaan minyak jelantah menjadi bahan bakar, akan diurus oleh PT Jakarta Propertindo dan Biro Ekonomi Provinsi DKI Jakarta. "Sudah mau studi, secepatnya dimulai," tandasnya.


sumber : jakarta.okezone.com


Like This Article ?

 
 
Copyright © 2014. Kabar Seputar Indonesia - All Rights Reserved
Modified by Dinning Table and Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com